Badi_Rancid_Bengkel_hp_

Jumat, 18 Maret 2016

bELAJAR Tutorial SERVIS HanpONE_Upemula

apa itu PCB?
adalah sebuah papan yang terbuat dari pertinak atau fiber glass yang diatas, bawah, maupun tengahnya di beri lapisan tembaga tipis secara merata. untuk kemudian tembaga ini akan digunakan untuk membentuk jalur-jalur konduktor/listirk.
hampir semua peralatan elektronika menggunakan PCB, termasuk Hp. PCB sederhana bisa dijumpai di adaptor rumah tangga, charger Hp, radio rumah tangga,dll. kenapa sederhana? karena yang dilapisi tembaga hanya satu permukaan saja (single layer). dikarenakan pada peralatan yang canggih dan multi system seperti Hp tidak mungkin hanya menggunakan satu permukaan saja. sehingga akan ada banyak layer. akan tetapi yang dipasangi komponen hanya bagian atas dan bawah saja, tidak mungkin bagian yang tengah dipasangi komponen.
bagian atas PCB disebut TOP Layer, sedang bagian bawah disebut Bottom Layer. bagian tengah disebut midle layer, khusus bagian ini anda tidak dapat melihatnya, mungkin harus diterawang dengan lampu untuk melihat jalur yang ini.
bagian Top layer adalah bagian yang langsung berhubungan dengan LCD dan keypad
bagian Bottom layer adalah bagian yang berhubungan dengan konektor batere dan IC IC, meskipun pada beberapa Hp IC ada yang ditaruh di Top layer.
bagian-bagian PCB hp:
  1. board/papan utama. sebagai media utama untuk menempatkan semua komponen
  2. jalur konduktor. menghubungkan antar komponen
  3. troughole/via. menghubungkan jalur atas, tengah, atau bawah
  4. ground area. jalur bermuatan negatif
  5. PAD. meletakkan komponen dengan cara disolder
  6. interface. menghubungkan rangkaian dengan komponen luar seperti VIbra, SPeaker, Mic, konektor batre, Simcard, konektor antena, dll.
berikut mengenai keterangan gambar yang diambil dari PCB Hp nokia 8210, karena obyek yang kecil gambar diambil sebagian. bagian yang ditunjuk dengan garis merah adalah bagian Interface dan jalur. klik gambar untuk memperbesar.



klik gambar untuk lebih jelas

Thursday, 20 May 2010

ganti konektor charger nokia 1208

konektor atau mungkin lebih tepatnya Port Charger nokia terkini dibuat lebih kecil, ga tau nih apa maksud nokia. apa mungkin untuk mengikuti bentuk Handphone nokia yang makin tipis desainya. jujur aja, handphone yang terlalu tipis bagi saya kurang nyaman, ketik sms susah (meleset), handphone jadi terlalu ringan seolah olah kita malah lupa bawa handphone. saya pernah tuh beli Nokia 2630 tapi kecewa, 4 hari langsung saya tukar dengan nokia 3110c. beda banget rasanya, mantap digenggam dan enak untuk nulis SMS.
kebetulan port charger nokia sekarang jadi satu dengan saluran data usb dan konektor handsfree. bagian positif dari port charger begitu kecil dan mudah sekali patah jika anda kurang hati-hati melepas dan memasang colokan charger. bila ini terjadi patahlah kaki positif charger.
berikut langkah-langkah penggantian yang aman:
  1. siapkan blower dengan skala panas 450, angin di jarum 5.
  2. olesi bagian port charger dengan flux pada bagian kaki kainya.
  3. panasi tepat dibawah konektor chargernya.
  4. tunggu hingga asap putih keluar
  5. tunggu sesaat, coba angkat konektor menggunakan pinset
  6. siapkan konektor yang baru, olesi semua bagian kaki menggunakan paste timah
  7. kemudian panasi menggunakan solder sampai paste berubah menjadi timah
  8. pasang di PCB secara presisi, panasi sampai menempel di PCB
atau anda lihat video tutorialnya, klik disini

pentingya teori handphone

sobat sekalian, banyak terjadi seseorang yang ingin niat sekali bisa pinter betulin handphone, dan kadang ditengah proses dia belajar ada yang mengeluh"wah ternyata sulit banget yah belajar betulin handphone". oke....sebenarnya kesulitan ini karena banyak faktor antara lain:
  1. menyepelekan teori listrik
  2. menyepelekan teori elektronika
  3. kurang akrab dengan komputer
  4. selalu tergesa-gesa
  5. terlalu terpaku dengan trik-trik gambar di internet.
  6. kurang memperhatikan tentor dalam memberi teori, kadang malah sibuk sendiri ngutak atik handphonnya sementara teman yang lain konsen memperhatikan tentor memberikan teori.
yang nomer 6 ini nih yang kadang membuat tentor kwalahan. kenapa? orang seperti inilah yang termasuk kategori 1 - 6, semua masuk. wah wah... jangan deh. biasanya di kemudian hari akan bertanya pak gimana cara ini...ini... dan ini... padahal semua sudah dijelaskan diawal pertemuan.
saya sempat jengkel juga...he..he...tapi ga apa itu berarti anda punya niat yang besar tapi kurang sabar.
bagi sebagian orang mungkin teori membosankan, terlalu bertele-tele, buang waktu. oke..mungkin itu untuk hal yang lain, tetapi tidak untuk di Teknisi Handphone. di teknisi handphone teori dan praktek mempunyai porsi yang seimbang. klo tidak anda akan ngawur dan banyak handphone yang menjadi korban keganasan anda....percaya deh sama saya. he...he...
belajar teknisi handphone harus memiliki kesabaran tinggi atau kalau tidak anda akan gagal selamanya. dimulai dengan toeri, disinilah kuncinya.
saya acungi jempol deh untuk yang selalu memperhatikan dan mengikuti apa yang saya berikan dengan seksama dan sabar. dan saya sering menemui orang-orang seperti ini dan akhirnya berhasil menguasai dengan baik.
ini dimaksudkan tidak lain supaya dapat menyelesaikan kerusakan yangt rumit, berat dan komplex.

Wednesday, 19 May 2010

nokia 6020 matot

klo ini kasusnya iwan, masih sama dia siswa BLK teknisi handphone. nokia 6020nya matot. dinyalakan dengan power supply kata si iwan tidak ada reaksi sama sekali di jarum Amperenya. langsung aja saya katakan "itu IC powernya wan,coba kamu panasi dulu". ternyata handphone dipanasi bisa hidup, selang bebrapa jam mati lagi. saya ulangi lagi untuk menyalakan dengan power supply, lagi lagi ga ada simpangan di jarum Amperenya. masih juga mati. saking penasarannya akhirnya saya test sendiri. eh.. si iwan ini gimana sih katanya ga ada simpangan jarum ampere. la wong saya cek ternyata jarum Amperrenya nyimpang. he...he..kali aja si iwan salah masang kabel power supply tuh. langsung aja ambil Laptop yang sudah terinstal software UFS HWK. dari hasil check up ternyata IC flash ga kedetek "Uknown Chip, chip device not supported". coba untuk dipanasi bagian ini, tetapi tetep nol hasilnya. barangkali harus ganti IC flash. ku suruh aja tu iwan tu nyari IC flashnya dulu....lainx ta sambung ya ceritanya.

nokia cdma 1325 matot

ini kasusnya rudy, siswa teknisi handphone BLK yogyakarta. pada suatu pertemuan rudy nyodorin nokia cdmanya yang mati total. setelah dilakukan ceking ternyata handphone konslet 100%. biasanya penyebab mati total pada Nokia yang konslet 100% ada di IC PA yang konslet. langsung deh IC PA dicabut, eh....di ukur masih konslet. pencabutan selanjutnya di transistor besar, tapi masih sama, handphone tetap konslet. dalam kondisi seperti ini biasanya langsung berasumsi IC power yang konslet, tetapi dari pada beriko besar dalam pengangkatan IC power, apalagi IC di lem, saya anjurkan si rudy untuk mengecek kapasitornya dulu. eh..ternyata benar, kapasitornya yang konslet, langsung cabut dan Handphone sudah hidup. akan tetapi setelah dicoba handphone tidak bisa melakukan panggilan dan sms. saya asumsikan masang IC PA mungkin belum presisi. sama rudy akhirnya di cabut lagi PAnya dan pasnag dengan presisi akan tetapi hasil masih nihil. karena pembahasan belum sampai pada bagian software saya suruh aja nyimpen tu handphone untuk di flash dikemudian hari......klo sudah ntar saya poting deh hasilnya.

pinter servis hape

anda dalam kebingungan,mau mulai dari mana anda belajar teknisi handphone, pernah ikut pelatihan teknisi handphone tapi kemampuan masih nol, baca tutorial di internet atau tutorial di DVD tapi malah pusing. stop......mulai sekarang saya berikan solusi terbaik untuk anda. rata-rata jika anda ikut pelatihan pasti peserta banyak, minimal mungkin 6 orang. semakin banyak peserta semakin membuat anda tidak konsentrasi. apalagi kalau ada peserta yang cewek cakep. wah tambah konsentrasi anda buyar. saya akan bimbing anda secara privat, semua peralatan servis kami yang menyediakan, saya yang akan datang ke rumah/kantor anda atau anda bisa datang ke tempat saya. saya bimbing 96% praktek sisa teori. anda akan lebih terkonsentrasi dan bebas gangguan.
berapa investasi yang di butuhkan?
investasi sangat murah dan meriah, tidak ada artinya dengan yang anda dapatkan setelah ini. plus bonus DVD File Flash all Phone, berbagai Software Flashing Handphone, DVD trik & tips, konsultasi tanpa batas (Life time).
CUKUP 6 pertemuan x 4 jam Rp 50.000/jam
apakah mahal? jika ya segera telp/sms 085868577622 untuk harga yang lebih terjangkau atau anda akan tersesat selamanya dalam dunia teknisi handphone.

bayangkan jika anda telah menguasai teknisi handphone, anda akan mempunyai usaha sendiri, menjadi bos sendiri, ato membuka pelatihan teknisi handphone. pendapatan anda akan bertambah lebih banyak dari pada anda cuma punya usaha penjualan voucher saja.

kenapa banyak teknisi handphone yang gagal? padahal telah mengikuti berbagai pelatihan.
jawabannya:
  • tidak punya konsep
  • hidup ngambang
  • tentor yang pelit membagi ilmu
  • malas belajar
  • tentor yang kurang profesional
  • terlalu banyak peserta pelatihan
  • kurang gizi...he...he...he....

berlaku untuk wilayah DIY dan sekitarnya

untuk luar DIY silahkan nginep rumah saya gratis, dari pada anda harus kos atau kontrak yang biayanya bisa untuk beli peralatan servis handphone

Tuesday, 18 May 2010

sistem kerja handphone

bagaimana sih sebenarnya Handphone itu dapat berkomunikasi tanpa kabel?
tentu dibutuhkan suatu cara agar sinyal suara dapat dipancarkan ke udara bebas.
di dalam perangkat handphone terbagi-bagi dalam beberapa bagian yang mempunyai fungsi spesifik. bagian tersebut antara lain
  1. RF(Radio Frequenci). berfungsi menagkap sinyal, mengolah, dan menghasilkan frekuensi. sinyal ditangkap oleh antena kemudian di teruskan ke rangkaian filter yang akan menyaring frekuensi tertentu saja. yaitu frekuensi GSM 900 dan 1800. frekuensi yang lain diredam. kemudian diteruskan ke IC RF untuk di campur dengan frekuensi LO (local Oscilator) untuk mendapatkan frekuensi tengahnya. setelah itu sinyal harus diubah ke sinyal digital oleh ADC (Analog to Digital Converter) supaya mudah diolah oleh unit RF. keluar dari RF sinyal diteruskan ke IC Audio untuk di udah ke analog lagi menggunakan DAC (digital to analog Converter). kemudian diteruskan ke Amplifier hingga akhirnya ke Speaker. komponen apa saja yang ada di unit RF, antara lain: IC swtich Antena, IC PA, IC RF, crystal filter.
  2. Microcomputer. disini terdapat IC Cpu, IC Flash, dan IC RAM. CPU mempunyai fungsi mengolah dan mengatur kinerja Handphone. IC Flash berfungsi menyimpan semua data Program. IC RAM berfungsi menyimpan data sementara selama proses kerja.
  3. Energi management. berfungsi membagi penggunaan energi listrik. kenapa harus dibagi? karena setiap jenis IC memiliki kebutuhan tegangan yang berbeda-beda. misalnya CPU memiliki tegangan Vcore sebesar 1.35V, VIO mempunyai tegangan 1.8V. belum IC yang lain. di Nokia energi managementnta disebut UEM, Retu, Tahvo, Avilma, betty. kayak nama orang aja ya.
  4. Energi Sourch (sumber energi). klo yang ini sih pasti pada tau, yaitu batery. sebagai sumber energi utama dengan tegangan 3.7 v. di dalam batere dipasang chip untuk keperluan tertentu tergantung dari pabrikan mana. ada yang digunakan untuk memproteksi batere dari hubungan arus pendek. ada yang digunakan untuk pengukuran suhu atau kapasitas batere.
  5. User interface. merupakan bagian yang langsung berinteraksi dengan pengguna, misalnya Vibrator, speaker, LCD, Lampu, keypad. komponen tersebut biasanya hanya ditempelkan saja tanpa di solder.

Saturday, 15 May 2010

flashing dan upgrade O2 atom black

hari gini ga bisa upgrade winmo, apa lagi tu winmo? buat yang gaptek winmo tak lain adalah windows mobile. yah bisa dikatakan windows yang ada di hape. PDA lebih tepat bro...
pernah make PDA O2 atom? bosan dengan tampilannya? rombak aja ke versi yang lebih tinggi. bakalan kepincut kamu-kamu pade.
default Winmo O2 atom adalah Winmo 5.0 yang standar banget, cupu lagi. ini nih tak kasih cara upgrade versi ke Winmo 6.5, tampilan maupun UInya dahsyat banget. tinggal colek colek layar maka giranglah dirimu. tapi jgn sampe gila ya.....
prepare:
1. download activesync 4.5 disini. lalu instal bila download telah selesai
2. download firmware winmo 6.5 disini. lalu ekstraklah ke my document
3. buka hasil ektraknya dan copy semua isinya ke C:/windows/temp
4. hubungkan PDA (kondisi on) ke komputer via USB data Cable. tunggu sampai di layar muncul connected seperti gambar dibawah.


5. masuk ke C:/windows/temp. double klik device software update utility


6. akan tampil sebagai berikut, pastikan pilihan ALL kemudian klik next


akan tampil seperti ini sesaat, sedang searching PDA


klik upgrade untuk memulai Flashing.

tunggu hingga finnish
-----------------------



----------

Friday, 14 May 2010

Flash siemens A70 tanpa box

hemm...m..A70 lagi A70 lagi... capek deh. hp satu ini mang sering banget ngeblink. ada juga yang Matot. tapi jangan kuatir, Fauzi Hp dah siapin jurus2nya biar si hp melek lagi, bangun dari mimpi-mimpi indahnya. dan yang punya ga perlu rogoh kocek dalem tuk beli Hp baru, tapi rogoh kocek dikit tuk bisa bawa pulang si hp tersayangnya..
sebelumnya siapkan batery kondisi penuh atau gunakan power supply
ini nih jurusnya Flash siemens A70 tanpa box:
1. nyalain PC, klo ga tau apa tu PC tanya tetangga sekitar. :)
2. Connect internet untuk download Joker dan Firmware A70
3. hubungkan A70 ke komputer via kabel serial Com
4. jalankan joker dan inilah tampilan dan setingan untuk Flashing A70

5. pilih opsi yang dilingkari, kemudianklik Write. akan keluar informasi di bawah, pilih detail untuk melihat ukuran file flash.


6. pilih file yang paling gede. klik open.

7. akan keluar seperti dibawah. tekan on/off sesaat

8. tunggu hingga Flashing selesai

9. lakukan Unlock dengan cara pilih Skey lalu ReCalc all keys. tekan on/off sesaat. tunggu hingga selesai.

10. selesai. nyalakan. jika tidak mau nyala coba lepas baterey/PSA pasang lagi dan nyalakan kembali

3220 mati total

hari ini, sabtu 16/05/2010 yahya bactiar siswa teknisi handphone BLK jogja memperbaiki masalah pada Nokia 3220 yang masuk air. dari hasil penelitian ternyata didapati IC kamera panas. dinyalakan dengan power supply menyerap arus 0.8 A (konslet), mungkin ada C yang konslet. C diangkat tapi hasilnya C baik. langsung cabut IC regulator kamera. ternyata memang IC tersebut yang konslet.
berikut letak dari IC yang konslet tersebut:

handphone yang masuk ke air bila tidak segera dicuci dan dibersihkan akan meninggalkan kotoran berupa jamur. dan jamur ini dapat berkembang biak. bila populasi sudah banyak dapat membuat komponen konslet atau termakan.

Nokia Blink ketika tekan tombol power

ini terjadi karena BSI pada batery atau Handphone mengalami gangguan. BSI (batery signal indicator) di nokia digunakan untuk mendeteksi level batery jika mengalami gangguan dianggap level batery adalah nol, sehingga handphone tidak sempat nyala. untuk melakukan simulasi coba pin BSI pada batery ditutup menggunakan isolasi, kemudian hanyalakan Handphone.

Nokia 7610 led keypad mati

kemarin ada siswa tanya Handphone Nokia 7610 miliknya ga bisa nyala pada lampu keypadnya, karena waktu yang mepet baru pada pertemuan hari ini (Jumat 15/05/2010) saya beri solusinya. dengan segera ambil skema 7610 langsung cari deh yang namanya rangkaian driver Led untuk keypad nokia 7610. ketemu deh, ternyata di rangkaian tersebut banyak kotor yang nempel. kelihatannya sih bekas kena cipratan air trus tumbuhlah mikrooorganisme disitu. untung belum sempat memakan komponen. dibersihkan langsung nyala tuh Handphone.
berikut gambar atau letak komponen tersebut:

berbeda dengan handphone nokia yang lain, 7610 pada rangkaian Led keypad drivernya terpisah dengan Led Driver LCD.

Thursday, 13 May 2010

Power Supply

fungsi Power Supply:


  1. menggantikan batery dalam proses perbaikan handphone. kebanyakan kasus adalah handphone mati total hanya karena batery habis kemudian tidak bisa di cas. disinilah peran dari power supply dibutuhkan. untuk apa? mecharger batery langsung dari Power Supply. menyalakan handphone langsung dari power supply.
  2. mendeteksi kerusakan hardware maupun software. kunci dari perbaikan handphone adalah mengetahui konsumsi arus. arus untuk loading sekitar 0.1 A. ketika melakukan seaching jaringan atau melakukan panggilan, sms, dan koneksi data arus yang terserap 0,35 A. jika arus melebihi 0,4 A maka Handphone menyerap arus berlebih yang menyebabkan batery cepat habis, dan melembung.
  3. mengisi batery (cargher batery). kadang batery baru belum ada isinya, maka dari itu lakukan pengisian awal mengguanakan Power supply. atau pada batery yang telat ngecas dalam waktu yang lama.
bagian-bagian pokok Power Supply:
  1. Volt Meter. berfungsi mengetahui tegangan yang keluar
  2. Ampere Meter. berfungsi mengetahui Arus yang di serap
  3. Pengatur tegangan. mengatur tegangan keluaran
  4. Terminal Keluaran. menghubungkan dengan perlatan luar. misal Handphone, Tape, Radio, dan lain2.
bagaimana menggunakan Power Supply?
menyalakan Handphone menggunakan Power Supply:
contoh menggunakan Handphone Nokia 3310
contoh menggunakan Handphone 3100
contoh menggunakan Handphone N70
mendeteksi kerusakan Hardware handphone:
hubungkan Handphone ke Power Supply, amati Jarum Ampere. jika Jarum bergerak ada indikasi bahwa Handphone mengalami konslet. apalagi jika pergerakan jarum sampai diatas 0,2 A. untuk handphone yang full konslet jarum Ampere akan mentok keatas dan kembali ke bawah dengan sangat cepat. jika anda mengguanakan Power Supply kecil maka anda harus mematikan dan menghidupkan Power Supply kembali.
mendeteksi kerusakan software handphone:
ciri-ciri handphone yang mati total jika dideteksi menggunakan Power Supply adalah ketika di tekan tombol Power di Handphone Jarum Ampere akan bergerak mendekati 0.1 A kemudian turun lagi. ada juga yang jarumnya tidak turun lagi. jika seperti ini segera lakukan pengecekan menggunakan UFS apakah masih terdeteksi Hardwarenya, jika masih terdeteksi lakukan Flashing.

Wednesday, 12 May 2010

Nokia 6230 Led LCD, keypad mati

sebuah kasus
hari senin lalu, 11 mei 2010 ketika saya sedang mengajar teknisi Handphone di BLKPP DIY ada siswa yang menanyakan bahwa Nokia 6230nya bermasalah pada lampu keypad dan LCD yang padam. sebelumnya telah dijelaskan bahwa untuk kerusakan tersebut terjadi pada Jalur DC to DC Converter, yaitu rangkaian yang berfungsi menaikan tegangan batery dari 3.6v ke 14 v untuk keperluan penyalaan LED di Keypad dan LCD. ternyata siswa masih ingat betul bahwa di area itulah ia harus mencari komponen mana yang rusak. biasanya yang rusak adalah Induktor yang putus Coilnya, akan tetapi diukur tetap nyambung. siswa langsung saya kasih tugas mengukur tegangan perintah penyalaan (Enable). ternyata tegangan juga keluar, langsung saja saya suruh nyari C di bagian Outputnya siapa tau konslet. dan ternyata benar, C konslet. C diambik pake Blower gagal, terpaksa menggunakan 2 buah solder.satu manasi sebelah kaki, satunya lagi kaki yang lain.dan lepaslah itu C. Handphone sudah menyala kembali. kenapa C susah diangkat menggunakan Blower mungkin karena C korosi.
berikut skema Led kontrooler pada Nokia 6230:

Monday, 10 May 2010

apa itu UEM?

apa itu UEM?
universal energy management. yaitu sebuah IC yang di dalamnya sudah terintegrasi Audio, Charger, Vibra driver, Sim Card reading, Regulator tegangan, Security dan lain-lain. wah banyak banget yah fungsinya..
UEM banyak dipakai pada generasi Handphone Nokia DCT-4 dan WD2. kerusakan yang sering terjadi di UEM adlah konslet yang mengakibatkan Batery boros, bahkan Handphone jadi Matot.
kerusakan yang lain pada UEM adalah rusaknya data IMEI yang mengakibatkan Handphone tidak dapat berfungsi. ciri-ciri jika UEM imei rusak antara lain keluar di layar "phone restric" , "sim reject". ketika di lihat imeinya keluar IMEI ??????? (dibaca ime tanda tanya). IMEI di UEM sifatnya OTP (one time Program) yang mempunyai sifat sekali tulis dan tidak dapat diubah-ubah. beda dengan UEM flash yang dapat di ubah.
begitu kompleknya kerja UEM maka komponen ini di tuding menjadi penyebab utama kerusakan Handphone Nokia generasi WD2

Box Flasher

kenapa sih hrs pakai Box Flasher? langsung dari Com Port atau USB kan dah bisa....! apa fungsi sebenarnya dari Box Flasher. yang jelas untuk memudahkan pengguna, lambat laun komputer mulai meninggalkan Port Com dan pararelnya. liat aja tu Laptop sekarang, benar-benar tanpa port serial (COm) dan pararel. maka itulah dikeluarkan Box Flasher untuk menjembatani menghilangnya kedua Port tersebut. USB lebih flexible karena ada tegangan 5 volt yang bisa digunakan untuk menyuplai Box Flasher.

Nokia blink 4 kali trus Mati

mungkin anda pernah menemukan handphone Nokia type WD2,yaitu 7650, 3650, 3230, 7610, N-gage, N-gage Qd, dan lainya, ketika dinyalakan hanya keluar logo Nokia kemudian hilang dan muncul logo Nokia lagi, dan setelah 4 kali langsung Handphone mati. kondisi inilah yang di sebut nokia blink 4 kali mati.
solusi cepat:
  • lakukan format 3 jari. tekan
solusi tepat:
  • bila masih bandel lakukan full flashing (recomended).
kenapa hal ini bisa terjadi?
ini dikarenakan data program maupun data pengguna sudah korup/crash, atau rusak. terlalu banyak memasang aplikasi juga menjadi pemicu.

Penyebab Handphone Mati total

banyak faktor yang menyebabkan Handphone matot(mati total), antara lain:
  1. Batery. sering terjadi, biasanya telat ngecas
  2. konektor batere.sering terjadi, biasanya kendor
  3. jalur putus. jarang terjadi
  4. IC flash. biasanya kaki tidak konek sama PCB
  5. IC Power. sering terjadi. biasanya konslet
  6. IC CPU. jarang terjadi atau ditemui
  7. IC RAM. sering mati, seperti Ram di komputer
  8. IC RF.biasanya kaki tidak konek sama PCB
  9. Switch On/Off. sering terjadi, karena sudah rusak.
  10. Software. sering terjadi
bayangin saja ternyata memang banyak sekali penyebab mati total. paling banyak adalah karena batery telat ngecas, konektor batere kendor, IC PA dan Power konslet, dan switch On/Off rusak.

sering juga kaki IC BGA nggak konek sama PCB. cukup panasi dengan blower. Handphone dah Nyala.

Sunday, 9 May 2010

Perbaikan No signal

no signal, low signal, maupun sinyal tidak stabil dikarenakan banyak sebab, akan tetapi yang sering terjadi pada Nokia CDMA adalah koneksi yang buruk antara kaki IC CPU/Power, bukan di bagian RFnya. lho kok bisa...
ingat....! semua system dikendalikan oleh cpu, dan hampir semua tegangan di atur oleh IC Power. jika salah satu, dua atau tiga kaki IC tidak konek saja bisa berakibat fatal, termasuk sinyal.
solusi cepat:
siapkan obeng dan spoon pengganjal yang bisa dibeli di toko elektronika. potong sesuai ukuran IC CPU dan IC Power. kelupas kertasnya, tempelkan diatas permukaan IC tersebut. nyalakan Handphone..dan sinyal sudah pulih kembali.
cara yang lain adalah dengan memanasi kedua IC tersebut mengguanakan Blower, tapi jika anda belum punya blower bisa memakai korek api gas. sebelumnya oleskan Flux secukupnya di atas IC tersebut.

bagaimana dengan yang Nokia GSM?
untuk yang benar-benar sinyal tidak ada lakukan hal berikut:
  1. masuk menu seting>network>pilih manual. tunggu sampai searching selesai dan amati hasil yang diperoleh, apakah keluar daftar jaringan apa tidak. keluar semua apa sebagian. jika disekitar anda semua jaringan seluler di dukung harusnya semua jaringan yang di dukung tersebut akan di tampilkan di layar. jika tidak berarti hardware ada masalah. apalagi jika semua provider tidak keluar. jika semua provider keluar emungkinan kerusakan ada di bagian Software. mungkin no Imei rusak (untuk DCT-3). atau file PM corupt (untuk DCT-4/WD2/BB5).
  2. siapkan Komputer, kabel flash, dan Box UFS micro. lakukan cek software. amati No Imei (untuk DCT-3). jika imei berbeda samakan imei. flash PM (untuk DCT4 atau WD2). pad kasus ini biasanya sinyal sudah keluar.

Buat Pemula

Dilihat dari permasalahanya sebenarnya ada tiga jenis kerusakan Handphone, antara lain:
  1. Handphone Rusak ringan. perbaikannya cepat tidak sampai 15 menit. cukup gunakan Obeng, cottonbud, dan tiner. atau untuk pengganti tiner dan cottonbud gunakan penghapus pensil. kerusakan disini biasanya hanya kotor pada bagian interface dan kaki konektor. cukup dengan membersihkan saja maka Handphone sudah normal. dan siapkan nota..
  2. Handphone Rusak sedang. perbaikannya membutuhkan hampir semua peralatan yang dimiliki seorang teknisi Handphone.antara lain:Obeng, Solder, Blower, Power Supply, Komputer, dan Box Flasher. contoh kerusakan sedang antara lain: rusaknya tombol Switch On/Off, Led mati, kerusakan Software, IC PA mati, dan lain-lain. waktu yang diperlukan kurang dari 60 menit dengan catatan diluar waktu pembelian komponen.
  3. Handphone Rusak berat. wah ini yang bikin kecewa, rusak berat hanya ada dua pilihan, hidup dan mati. bila kerusakannya sudah mengena IC CPU dan IC power susah untuk diperbaiki, dan membutuhkan waktu yang lama. sebaiknya anda tinggalkan bila satu minggu tidak selesai. kenapa susah bila IC CPU dan IC Power yang rusak? IC CPU dan IC Power memiliki jumlah kaki yang sangat banyak dan sangat kecil, lagi pula pada beberapa Handphone IC tersebut ada yang di lem. sekali anda angkat IC maka jalur di PCB banyak yang putus. sekalipun anda gunakan lem remover.
sebenarnya apa sih penyebab Handphone bisa rusak? adapun faktornya adalah sebagai berikut:
  • kena air. entah kecebur atau keciprat.
  • jatuh dengan keras. entah dibanting atau jatuh sendiri.
  • sudah uzur. untuk Handphone yang sudah lama di pakai.
  • pemakain aksesoris non original seperti batere dan Charger.
  • gonta ganti kartu.
jika Handphone tidak diapa-apakan tiba-tiba mati sendiri kemungkinan besar Software yang rusak. perbaikannya lakukan Flashing.

berapa sih Modal minimal tapi sudah bisa untuk keperluan Servis Handphone? berikut daftar peralatan dan harganya:
  • Solder..............................Rp 55.000
  • Obeng set........................Rp 30.000
  • Pinset...............................Rp 15.000
  • Power Supply..................Rp 160.000
  • Blower..............................Rp 600.000
  • BGA Tool.........................Rp 115.000
  • Komputer Pentium 4.....Rp 2.500.000
  • Box Flasher.....................Rp 760.000
  • TOTAL......................Rp 4.235.000
belum dana tak terduga untuk peralatan habis pakai seperti timah, Flux, dan tentu saja makan dan minum untuk beberapa bulan. yah anggap anda punya 10 juta usaha dah jalan.

Tidak ada komentar: